Perbedaan REST API dan Web API

API 
Application Programming Interface merupakan perangkat lunak yang membantu dua aplikasi untuk saling terhubung tanpa perlu mengetahui hal lain yang tidak diperlukan atau database rahasia, dan sebagainya.

REST API vs Web API 
Dalam dunia pengembangan web, ada beberapa kata membingungkan yang sering kita dengar dan dibiarkan begitu saja karena kita tidak bisa memahaminya. Mereka termasuk API Web, REST API, dan SOAP API. Jika Anda merasa kata-kata ini membingungkan, bacalah untuk memahami apa artinya, bagaimana kaitannya, dan perbedaannya.

Apa itu REST API?
Sebelum kita membahasnya, pertama-tama mari kita pahami apa itu REST. Bertentangan dengan kepercayaan banyak orang, REST bukanlah protokol, alat atau pustaka, melainkan gaya arsitektur layanan web yang menyediakan saluran komunikasi antara sistem atau komputer di internet. Ini adalah standar yang digunakan sebagai sarana arsitektur untuk merancang sistem perangkat lunak berbasis jaringan.

Oleh karena itu, REST API adalah antarmuka program aplikasi yang didukung oleh gaya arsitektur REST. Ini mengacu pada alat, layanan, atau perangkat lunak yang didasarkan pada prinsip arsitektur REST. Meskipun REST dapat digunakan di hampir semua protokol, mereka memanfaatkan HTTP saat digunakan untuk API web. Keuntungan utama REST API adalah bahwa mereka menawarkan lebih banyak fleksibilitas. Di REST API, data tidak dibatasi ke sumber daya atau metode. Oleh karena itu, dapat melakukan beberapa jenis panggilan, mengembalikan berbagai format data, dan bahkan mengubah secara struktural dengan implementasi hypermedia yang sesuai.

Contoh REST API
API Instagram mengizinkan aplikasi Anda untuk mengambil tag pengguna, foto, akun, dan banyak lagi.
Twitter juga menyediakan REST API yang dapat diminta oleh pengembang untuk mendapatkan tweet terbaru, atau memberikan kueri pencarian yang akan mengembalikan hasil dalam format JSON.
GitHub juga menawarkan REST API super yang dapat Anda gunakan untuk melakukan tindakan seperti mengikuti masalah GitHub, melacak aktivitas pengguna, dan membuat repositori dari aplikasi Anda.

Apa itu Web API ?
Web API  pada dasarnya adalah kerangka kerja sumber terbuka yang digunakan untuk menulis API HTTP. Ini mengacu pada API melalui web yang dapat diakses menggunakan protokol HTTP. Penting untuk dicatat bahwa ini adalah konsep dan bukan teknologi. Pengembang dapat membangun Web API  menggunakan beragam teknologi seperti .NET, dan Java, antara lain. API Web bisa tenang atau tidak. Web API  mengimplementasikan spesifikasi protokol dan karenanya menggabungkan konsep-konsep seperti caching, URI, pembuatan versi, header permintaan / respons, dan berbagai format konten di dalamnya.

Contoh Web API 
Google API - Di bidang teknologi modern mana pun, Anda dapat yakin bahwa Google akan menetapkan tolok ukur. API mereka antara lain Google Analytic API, YouTube API, Blogger API, dan Google Font API.
Ada juga API media sosial seperti API Twitter, API Facebook, API Scoop.it, dan API Linkedin.

Apa itu SOAP API?
SOAP (Simple Access Protocol) adalah perpesanan standar atau sistem protokol komunikasi yang memungkinkan proses yang menggunakan berbagai sistem operasi seperti Windows dan Linux untuk berinteraksi dan berkomunikasi melalui HTTP dan XML-nya. SOAP API dirancang dengan kemampuan untuk membuat, memperbarui, memulihkan, dan menghapus catatan seperti kata sandi, prospek, akun, dan objek khusus. Sementara API Web di masa Web 1.0 identik dengan layanan web berbasis SOAP, hari ini di Web 2.0, istilah SOAP mengarah ke sumber daya web gaya REST.

Perbedaan antara REST dan SOAP API
REST API SOAP API
It has no official standard since it is primarily an architectural style It is an official standard because it is a protocol
Can use several standards like HTTP, URL, JSON, and XML Based largely on HTTP and XML
It takes less bandwidth and resources since it deploys multiple standards. It takes more bandwidth as it uses XML to create payloads
It utilizes URL exposure such as @path to expose business logic It uses services interfaces such as to expose business logic
Convenient with JavaScript and allows easy implementation. Also convenient with JavaScript but is not supportive for greater implementation
Utilizes Web Application Description Language Uses Web Services Description language
More secure since it boasts SSL and HTTPS It only features SSL




Post a Comment for "Perbedaan REST API dan Web API"